Posted by : Unknown Selasa, 28 Oktober 2014

Animasi Jepang (anime) dicintai oleh anak-anak hingga dewasa. Kualitas animasi dan penceritaan-nya terus mendapat penghargaan tinggi dari luar negeri. Dalam beberapa tahun terakhir, Jepang telah memproduksi sekitar 130 judul anime setiap tahunnya. Di tengah kepopuleran anime,  ternyata tidak banyak yang tahu sejarah perkembangan anime. Oleh karena itu, MATCHA akan mengajak Anda untuk mengenal perkembangan anime melalui serial-serial anime yang bersejarah.

Tahun 1963, “Astro Boy” hadir sebagai serial anime pertama di televisi


Sumber: situs resmi Tezuka Osamu
Karya Osamu Tezuka, “Astro Boy”, adalah serial anime pertama di dunia yang ditayangkan secara rutin setiap minggu di televisi. Rating pemirsa pada saat itu melebihi 30%.  Berkat kepopulerannya, anime ini juga telah ditayangkan di berbagai negara. Bahkan baru-baru ini “Astro Boy” juga menjadi maskot dari TOYOTA. Inilah karya yang menjadi asal mula anime.

Tahun 1969, serial anime terpanjang di dunia, “Sazae-san” tayang untuk pertama kali

“Sazae-san” telah tayang selama 45 tahun dan merupakan serial anime terpanjang. Hingga saat ini serial ini pun masih menghiasi layar kaca para penduduk Jepang. Tak heran bahwa anime ini dikenal sebagai anime nasional. “Sazae-an” diciptakan oleh komikus Machiko Hasegawa. Di tempat yang dulu ditinggali oleh Machiko, (yaitu Sakurashinmachi, Setagaya, Tokyo) “Sazae-san” turut berperan dalam pembangunan ekonomi penduduk setempat. Di sana Anda dapat melihat patung keluarga “Sazae-san”.

Tahun 1974, “Heidi, Girl of the Alps” hadir di tanah Jepang

Anime ini memperkenalkan kehidupan di Alps, Swiss, kepada masyarakat Jepang. Miyazaki Hayao maupun Takahata Isao, yang nantinya dikenal dengan Studio Ghibli, pun turun tangan dalam produksi Heidi, Girl of the Alps.  Para staff anime ini melakukan penelitian di Swiss selama satu tahun untuk menggambarkan kehidupan masyarakat Swiss secara akurat.

Tahun 1979, serial Gundam muncul dan mengubah tren anime robot


Sumber: situs resmi GUNDAM.INFO
“Mobile Suit Gundam” membawa unsur politik, persenjataan, dan perang ke dalam anime robot.  Genre yang dibawakan oleh “Mobile Suit Gundam” ini dikenal sebagai real robot anime. Kisah pemuda 15 tahun, Amuro Ray yang penuh dengan konflik batin. Perkembangan ceritanya yang memukau mengundang popularitas. Anime ini memberi pengaruh besar pada anime robot selanjutnya.

Tahun 1986, bermunculan karya-karya besar seperti “Laputa: Castle in the Sky”, “Dragon Ball”, “Saint Seiya”

Tahun 1986 merupakan tahun di mana anime-anime populer bermunculan. Karya pertama dari Studio Ghibli, “Laputa: Castle in the Sky”; adaptasi “Dragon Ball” dan “Saint Seiya” dari majalah komik “Weekly Shonen Jump”. Hingga kini “Dragon Ball” telah ditayangkan di sekitar 100 negara dan menyebarkan booming anime di seluruh dunia.

Tahun 1992, pertempuran para gadis cantik menjadi populer dengan hadirnya “Sailor Moon”

Perempuan tidak hanya cantik tapi juga kuat! Hadir sebagai serial pretty soldiers  pertama, “Sailor Moon” memberikan pengaruh besar kepada penerus-penerusnya, antara lain serial “Precure”.

Tahun 1995, “Neon Genesis Evangelion” menjadi fenomena sosial

Dengan menggabungkan mitologi, filosofi, serta ilmu pengetahuan, “Neon Genesis Evangelion” membangun jalan cerita yang kompleks dan tak terduga. Para pemuda-pemudi pun tergila-gila dengan serial ini sehingga menimbulkan fenomena sosial. Lagu pembukanya “Zankoku na Tenshi no Teze(A Cruel Angel’s Thesis)”  populer baik di dalam maupun di luar negeri sehingga menjadi simbol dari “anisong” (lagu anime).

Tahun 2006, anime tengah malam menjadi populer dengan kehadiran “The Melancholy of Haruhi Suzumiya”

“The Melancholy of Haruhi Suzumiya” mengangkat popularitas anime tengah malam dan membawa booming anime bishojo (gadis cantik). 
Bahkan lagu pembuka dan penutupnya menembus peringkat sepuluh besar Oricon (peringkat musik yang menjadi standar popularitas musik di Jepang).

Tahun 2009, booming “K-ON!” dan pasar bernilai sepuluh miliaran yen

Pada tahun 2009, “K-ON!” mulai ditayangkan dan semakin mengangkat popularitas anime tengah malam. Hasil penjualan dari merchandise-nya mencapai sekitar 40 milyar yen. Hingga kini “K-ON!” masih digemari oleh banyak orang.

Tahun 2011, “Puella Magi Madoka Magica” mengubah gayamagical girls

“Puella Magi Madoka Magica” hadir dengan konsep magical girls. Namun, anime ini mengubah konsep magical girls  yang ceria dengan perkembangan cerita yang mengejutkan.  Pada tahun tersebut, “Puella Magi Madoka Magica” memenangkan penghargaan “Media Arts Awards” dari Agency for Cultural Affairs untuk kategori animasi. Anime ini pun menjadi salah satu karya kebanggaan Jepang.

Tahun 2014, era pertempuran idol anime?! Bagaimana tren anime saat ini?

Tren anime saat ini adalah idol“THE IDOL M@STER” (atau biasanya disebut “Aimasu”) terlahir dari arcade game lalu menjadi populer melalui “Niconico Douga”. Pada tahun 2011,  adaptasi animenya ditayangkan dan popularitasnya pun melonjak. Seakan-akan menyusul “Aimasu”, “Love Live School idol project” pun turut menjadi populer. Tahun 2014 muncullah anime “Wake Up Girls!” yang menggambarkan perkembangan para idol. Untuk menjadi sosok idol yang memberi semangat dan keberanian pada orang-orang, para calon idol mengalami perjuangan keras dan pergolakan batin. Sosok gadis-gadis ini membawa kedekatan khusus dan membuat orang ingin mengikuti perkembangan mereka.

Anime terus berubah seiiring dengan perubahan tren. Namun, di balik perubahan itu, anime terus menggerakkan hati para pemirsanya. Anime akan terus berkembang dan memikat Anda.
Source & Credit
Oh, BTW Ane Baru Diblognya Roy Hehe Dan Ane Pun Masih Baru Di Dunia Blog. Salam Kenal  ^_^

Welcome to My Blog

Translate

RADIO (LIVE)

Tanya aja

- Jangan Lupa SUBSCRIBE ROYKINAN YA ! ! !